Mungkinkah ada kereta api di indonesia bagian timur?

Kereta api di Indonesia bagian timur?

Kereta Api Indonesia di masa yang akan datang.
Indonesia adalah Negara yang sangat kaya, negara yang kaya ini terdiri atas daratan dan lautan. Di bererapa daerah di Indonesia ini khususnya di Indonesia bagian barat, Kereta Api Indonesia telah beroperasi. Seiring dengan perkembangan zaman dengan berbagai kecanggihan Teknologi dan Informasi, Kereta Api Indonesia juga telah mengalami banyak perubahan.

Berbicara mengenai perubahan-perubahan tersebut, Layanan Kereta Api sudah sangat didukung dengan keramahtamahan dari para petugas mulai dari Gerbang depan hingga penumpang turun dari Kereta Api. Sementara mengenai fasilitas, kini standar Kereta Api Indonesia sudah membaik dengan diberlakukannya pemesanan online untuk mendapatkan tiket kereta Api, yang bisa melewati gerbang depan hanya mereka yaitu penumpang sebenarnya yang memiliki tiket (tak ada lagi penumpang yang berdiri dan berebut tempat hingga berdesak-desakan). Boarding pass juga telah diberlakukan sehingga makin mensortir setiap orang, selain itu, dibeberapa stasiun telah tersedia tempat percetakan boarding pass sendiri sehingga makin meminimalisir antrian. Tak kalah penting, kini kereta api Indonesia tersebut dilengkapi dengan fasilitas seperti AC sehingga  diberlakukan aturan untuk tidak merokok di dalam gerbong (sangat baik bagi penumpang yang tak menyukai atau tak bisa menghirup aroma rokok) dan yang paling penting yaitu tersedianya stop kontak untuk mengisi daya gadget atau laptop saat di perjalanan, bagi mereka yang super sibuk dan harus selalu standby mengecek gadget atau laptop mereka, tempat pengisi daya  menjadi indikator penilaian utama kereta api itu saat dalam perjalanan jauh yang memakan waktu hingga berjam-jam.

Dengan adanya pembaruan penerbitan tiket dan penerapan aturan yang ketat dan disiplin tersebut, mencerminkan peningkatan pada layanan dan fasilitasnya, kini Kereta Api Indonesia bisa meminimalisir hal-hal yang dapat merugikan penumpang diantaranya dengan jadwal pemberangkatan dan kedatangan yang tepat waktu, tidak ada lagi keterlambatan, semua perjalanan berdasarkan target waktu yang telah ditentukan.

Melihat pesatnya perkembangan tersebut, masyarakat tentunya sangat terbantu dan akan tetap memilih kereta api sebagai jalur transportasinya. Namun hingga kini, Kereta api Indonesia tersebut masih terbatas pada daerah-daerah di Indonesia bagian barat, bagaimana dengan kereta api di bagian Indonesia timur?

Kereta Api Indonesia di masa yang akan datang.
Beberapa kali dan sudah beberapa tahun ini, wacana akan pembangunan jalur transportasi kereta api tersebut muncul di Indonesia timur, antusiasme masyarakat tentu sangat positif dan bersyukur, namun pada kenyataannya hingga kini, jalur tersebut tak terlihat, apakah yang sedang terjadi?

Sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia timur, kami sangat berharap kereta api Indonesia kedepannya bisa dibangun di Indonesia timur juga. Dengan adanya jalur tersebut, masyarakat yang tinggal di daerah kabupaten akan lebih mudah mengakses daerah lainnya dengan cepat, nyaman dan aman, setidaknya dengan adanya kereta api nantinya di Indonesia timur ini, masyarakat dapat tetap bekerja di Ibukota dan tinggal bersama dengan keluarganya di daerahnya masing-masing sebagaimana kehidupan masyarakat di Indonesia bagian barat.

Kereta api Indonesia memang harus dibangun di Indonesia timur juga, setidaknya dengan adanya kereta api tersebut, pengangguran di daerah ini dapat diminimalisir, kerena berdasarkan beberapa fakta dari masyarakat di daerah, bahwa sebagian diantaranya memilih menjadi pengangguran dan tidak menggunakan ijasahnya karena tidak ingin tinggal jauh dari orangtuanya, atau karena mereka telah memiliki rumah dan lahan di daerah mereka sehingga akan sangat sulit bermigrasi ke ibukota, namun dengan adanya kereta api, diharapkan memberikan solusi kepada mereka dengan melakukan perjalanan pergi pulang setiap waktu dari daerah satu ke daerah lainnya.

Alasan lainnya karena setiap pulau di Indonesia ini, khususnya di Indonesia timur yang wilayahnya lumayan luas dan kemacetan mulai terjadi dimana-mana terlebih pada saat musim liburan di jalur mudik sehingga dibutuhkan transportasi super cepat, aman dan murah untuk menjangkau daerah lainnya di pulau yang sama.

Bukan tidak mungkin juga, harapan untuk perkeretaapian Indonesia kedepannya dengan jalur laut, dari pulau satu ke pulau lainnya, kenapa tidak? Jika Indonesia bisa di tempuh dari pulau jawa menuju pulau bali dengan jalur laut hingga ke pulau Sulawesi dan pulau lainnya. Semoga kereta api Indonesia terus memegang komitmennya untuk semakin jaya dan makin meningkatkan pelayanan dan performa menjadi efektif dan efisien.

0 komentar:

Post a Comment