Muslimah Inspiratif, 4 hal wajib dilakukan untuk berhijrah menjadi lebih baik

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Menjadi muslimah yang baik, sadar ataupun belum disadari adalah kebutuhan setiap perempuan.
Yang menjadi masalah ketika tidak adalagi muslimah yang menjadi pengingat bagi muslimah lainnya.
Mari berhijrah jadi lebih baik bersama Saliha.id https://saliha.id.

Saliha.id


Berhijrah, beralih dari perempuan biasa menjadi muslimah sejati memang bukan perkara mudah, tetapi bukankah dalam Islam kita selalu diberikan kemudahan oleh sang Pencipta? dimulai dari hal kecil di sekitar kita dan tidak menunda dengan alasan belum siap, InsyaAllah Allah akan memberikan kemudahan pada setiap niat kita.


Sebagai Muslimah, hal mendasar yang bisa kita ubah dalam diri kita yakni perkataan, perilaku dan busana kita. dari yang awalnya cerewet, kita harus mulai mengerem setiap ucapan yang tidak bermanfaat dari bibir kita (semuanya harus dimulai dengan niat dari hati), awalnya akan terasa ketidaknyamanan dalam bergaul, namun InsyaAllah lama-kelamaan kita akan terbiasa hanya mengucakan perkataan yang bermanfaat, salah satu cara untuk mempertahankan hal tersebut yaitu dengan tidak lagi melakukan kegiatan Gibah apalagi Fitnah (Naudzubillah min dzalik). Saat perkataan dari bibir ini sudah mulai terkendali, InsyaAllah perlahan perilaku baik akan senantiasa tercermin dalam keseharian.


Muslimah Aktif by Me
Setelah itu, jangan pernah takut untuk melangkah lebih jauh yakni untuk menggunakan pakaian muslimah yang seharusnya, beberapa observasi menjawab bahwa para perempuan menolak untuk menggunakan pakaian muslimah yang seharusnya karena takut kegiatan dan aktivitasnya akan terhambat  selain itu ada juga yang takut mendapat penolakan dilingkungannya, InsyaAllah tidak lagi, jangan pernah takut, Allah selalu punya jalan untuk setiap niat baik kita untuk menjadi muslimah sejati.

Muslimah Aktif by Ukhti SH

Jadi lebih dengan baik dengan berhijrah bisa dilakukan oleh setiap muslimah manapun, berikut 4 hal wajib yang harus diupayakan untuk dilakukan guna membangun pribadi menjadi lebih baik:

1. Pelihara Shalat Wajib
Seberat apapun, dimana dan kapanpun, usahakanlah shalat wajib kita selalu dilaksanakan tepat waktu, apabila shalat kita telah terkendali, InsyaAllah kehidupan ini akan terkendali juga.

Foto by Ukhti SH

2. Biasakan untuk Berpuasa dan Bersedekah
Sebaik-baik ibadah apabila dilaksanakan yang wajib diikuti sunnahnya. Berpuasa adalah Ibadah yang paling baik untuk melatih diri tentang kesabaran, serta ikut merasakan lapar dan dahaga yang dirasakan oleh saudara muslim yang tidak mampu makan dan minum karena berada dalam peperangan ataupun karena ketidakmampuannya memperoleh makanan dan minuman tersebut.
Selain itu, dengan bersedekah akan memberikan rasa syukur dalam jiwa akan setiap nikmat yang diberikan Allah pada kita hingga saat ini. sedekah tersebut tidak harus selalu berupa  uang, tetapi hal lain seperti bantuan tenaga dan pikiran, bahkan walau sekedar tersenyum pun merupakan sedekah.

3. Dzikir dan Bermajelis
Ibadah Dzikir adalah ibadah yang paling mudah dilakukan, Dzikir akan menghindarkan kita dari perkataan-perkataan negatif atau tidak bermanfaat, maka perbanyaklah Dzikir, InsyaAllah tutur kata positif dan bermanfaat yang akan selalu keluar dari bibir kita.
Dan kegiatan bermajelis merupakan tempat dimana kita bisa terus menambah ilmu pengetahuan dan menjaga silaturahmi kita dengan sesama muslimah lainnya. Semakin kita bergaul dalam kegiatan majelis, InsyaAllah kita akan semakin tertarik untuk mengikuti kegitan majelis lainnya.

4. Cintai Al-qur'an
Sebagian muslimah merasa jauh dari Allah dan tak sadar telah mengeluh atas keadaannya, hal tersebut dikarenakan dirinya jauh dari Al-Qur'an, percayalah, Al-Qur'an adalah magnet, begitu kita berusaha untuk membacanya (kapan dan dimanapun), perasaan untuk terus membacanya akan muncul dengan sendirinya, terlebih semakin kita berusaha mempelajari  maknanya, semakin cinta kita dengan Al-Qur'an. saat rasa cinta kita dengan Al-Qur'an tumbuh, akan semakin cinta pula kita pada sang Pencipta, InsyaAllah.


Foto by Ukhti SH

Saudariku, Muslimah dimanapun berada, mari sama-sama kita berhijrah menjadi lebih baik, semoga kita bisa menjadi insan yang inspiratif, menjadi insan yang menginspirasi muslimah lainnya untuk berhijrah dan menjadi lebih baik juga. InsyaAllah.

Muslimah inspiratif, #jadilebihbaik @saliha.id. Syukran Jazakallah.

0 komentar:

Post a Comment